Apr 13, 2012

Pengajaran Menulis Teks Prosedure Menggunakan Strategi Gambar Berseri di MTsN Malang III


By: Roudlatul Hasanah
Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks prosedur dengan menggunakan strategi gambar berseri. Berdasarkan pengamatan pada siswa kelas IX E MTsN Malang III, menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas IX masih kurang memuaskan, nilai rata-rata mereka hanya 50.3, dan siswa mempunyai motivasi yang rendah untuk berpartisipasi dalam kegiatan menulis.
Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dalam hal ini, peneliti dibantu oleh guru bahasa Inggris dalam mengobservasi proses belajar mengajar. Penelitian ini diadakan dalam dua siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IX E MTsN Malang III. Instrumen penelitian ini adalah hasil tulisan siswa, checklist pengamatan,field note dan kuesioner. Kriteria kesuksesan penelitian ini adalah peningkatan nilai menulis siswa, partisipasi aktif dan respon mereka dalam proses belajar mengajar. Kriteria kesuksesan tercapai jika 60% siswa mendapatkan nilai 70, dan jika 60% siswa berpartisipasi aktif dalam proses belajar mengajar.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, dengan penerapan strategi gambar berseri, kriteria kesuksesan tercapai pada siklus kedua. Sebanyak 71.70% total siswa yang memperoleh nilai lebih dari 70 dan sebanyak 82.3% siswa berpartisipasi aktif dalam proses belajar mengajar serta 84.7% siswa merespon positif terhadap penerapan gambar berseri. Prosedur dari strategi gambar berseri yang efektif adalah (1) menunjukkan gambar kepada siswa, (2) bertanya mengenai gambar, (3) memberikan kosakata kunci yang berkaitan dengan gambar ,(4) memberikan dan mendiskusikan contoh teks prosedur, (5) mempertunjukkan gambar acak, (6) meminta siswa untuk mengurutkan gambar, (7) menulis kalimat sesuai dengan gambar, (8) merevisi tulisan ditekankan pada konten, organisasi dan struktur tulisan, (9) mengedit tulisan ditekankan pada konten, organisasi dan struktur tulisan. Dapat disimpulkan bahwa strategi gambar berseri telah terbukti mampu meningkatkan kemampuan menulis teks prosedur.
Penelitian ini diakhiri dengan pemberian saran-saran. Untuk guru-guru bahasa Inggris MTs, mereka diharapkan menggunakan strategi gambar berseri sebagai strategi alternatif dalam mengajar untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa. Bagi peneliti yang lain, mereka diharapkan untuk mengadakan penelitian tentang gambar berseri untuk keterampilan berbahasa yang lain.

Kata kunci: pengajaran menulis, teks prosedur, strategi gambar berseri

0 comments:

Post a Comment