Apr 13, 2012

Mengembangkan Materi Pengajaran Mata Kuliah Writing untuk Mahasiswa pada Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP Santu Paulus Ruteng

By: Yerni Miss Endang Polly
Abstrak

Salah satu komponen yang menentukan keberhasilan dalam proses pembelajaran di kelas adalah ketersediaan materi pengajaran yang berfungsi sebagai sumber ilmu yang dapat mempermudah proses pembelajaran. Ketersediaan materi tersebut sangat penting terutama dalam pembelajaran menulis di mana banyak siswa menghadapi kesulitan ketika menuangkan idenya dalam tulisan. Pada Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris di STKIP Santu Paulus Ruteng materi pembelajaran Writing III yang sesuai dengan silabus yang dipakai belum ada. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengembangkan materi pembelajaran untuk mata kuliah Writing III.
Penelitian ini adalah penelitian pengembangan karena tujuannya adalah untuk mengembangkan suatu produk, dalam penelitian ini adalah materi pembelajaran mata kuliah Writing III. Berdasarkan adaptasi model pengembangan yang dikemukakan oleh Borg and Gall (1983:775),
beberapa langkah pengembangan dilakukan sebagai berikut. Langkah pertama adalah proses pengumpulan informasi mengenai ketidaktersediaan materi untuk Writing III, dilanjutkan dengan pengembangan materi, proses validasi oleh seorang ahli dalam pengembangan produk dan seorang ahli di bidang pembelajaran menulis, proses revisi, uji coba pada mahasiswa semester IV Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris di STKIP Santu Paulus Ruteng, proses revisi sesudah uji coba, dan produk akhir. Dalam proses validasi ahli dan uji coba, ada pedoman evaluasi dan catatan lapangan yang dipakai sebagai instrumen untuk merekam masukan dari para ahli, dosen, dan mahasiswa dalam rangka perbaikan produk tersebut. Materi pembelajaran mata kuliah Writing III yang dikembangkan terdiri atas 7 unit dan memuat penjelasan tentang konsep dasar, model teks, contoh, dan latihan menulis dengan menggunakan pendekatan proses. Hasil evaluasi para ahli menunjukkan bahwa selain terdapat kelebihan dalam materi tersebut, ada juga beberapa kelemahan yang perlu direvisi. Ketika diujicobakan, para mahasiswa terlihat antusias mengikuti seluruh proses pembelajaran dengan menggunakan materi tersebut. Ketika diminta pendapat mereka tentang apa yang hendak diperbaiki dalam produk tersebut, mereka menyarankan untuk menambahkan beberapa contoh lagi di setiap unit, dan karena itu produk direvisi seperti yang disarankan. Oleh karena itu, sesudah melakukan revisi dari hasil validasi ahli dan uji coba, produk akhir dapat diselesaikan seperti terlihat pada bagian akhir dari tesis ini.
Berdasarkan hasil penelitian, ada beberapa saran yang dapat dikemukakan sebagai berikut. Pertama, ketika akan menggunakan materi ini, dosen Writing III disarankan untuk memperhatikan alokasi waktu karena satu unit dialokasikan untuk 2 kali pertemuan. Pada awal pertemuan pertama, dosen menjelaskan konsep dan model teks, kemudian diikuti oleh penulisan esei dengan pendekatan proses termasuk kegiatan mengumpulkan ide dan penulisan draf awal. Pada pertemuan kedua, kegiatan di kelas adalah berupa kegiatan merevisi dan mengedit sekaligus menulis draf akhir. Untuk memonitor kemajuan siswa dalam menulis, dosen dapat memperkenalkan penggunaan portofolio untuk merekam seluruh aktivitas menulis dan semua draf yang dihasilkan oleh siswa. Bagi para mahasiswa yang mengambil mata kuliah Writing III, mereka dapat belajar sendiri dengan menggunakan materi tersebut ketika dosen berhalangan hadir. Mereka dapat mengikuti petunjuk di dalam materi mulai dari tujuan, konsep, model teks, latihan, dan latihan menulis dengan pendekatan proses. Kedua, upaya untuk memperkenalkan materi ini dapat dilakukan pada awal pertemuan kepada mahasiawa. Para dosen yang mengajar mata kuliah Writing III juga dapat diperkenalkan pada materi ini untuk dipakai di kelas. Sosialisasi dapat pula dilakukan kepada institusi dalam rangka memperoleh izin penggunaan materi ini di kelas. Untuk memperbaiki produk tersebut, uji coba yang lebih luas perlu dilakukan. Selain itu, lebih banyak orang terutama para dosen mata kuliah Writing III perlu dilibatkan untuk memberikan kontribusi bagi perbaikan materi tersebut. Bagi peneliti lain dalam bidang pengembangan materi terutama menulis, penelitian ini termasuk produk yang dihasilkan dapat dipakai sebagai rujukan dalam penelitian mereka.

Kata kunci: pengembangan, materi pengajaran, Writing

0 comments:

Post a Comment