Apr 13, 2012

Developing a Prototype of Listening Materials for Grade XII Students of MAN Jombang

By: Syamsul Ma’arif
Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan materi menyimak Bahasa Inggris untuk kelas dua belas semester satu. Prosedur penelitian dan pengembangan yang diterapkan meliputi survei kebutuhan, pengembangan materi, validasi ahli dan guru, revisi, uji coba, revisi, dan produk akhir.
Instrumen yang digunakan pada survei kebutuhan adalah angket, pedoman wawancara, dan catatan lapangan. Hasil dari survey kebutuhan menunjukkan bahwa siswa belum mendapatkan cukup latihan untuk ketrampilan menyimak. Mayoritas siswa setuju jika bahan ajar listening perlu disediakan. Berdasarkan penemuan itu, Bahan ajar menyimak dikembangkan. Ada sembilan unit yang dikembangkan dalam draft usulan. Setelah selesai, draft tersebut dikirim ke para ahli dan guru bahasa Inggris untuk divalidasi dan dievaluasi.
Ahli dan Guru memvalidasi materi dalam hal bahasa, kesesuaian isi dengan kurikulum, panjangnya materi menyimak, kecepatan berbicara,
kwalitas rekaman, dan kepraktisan penggunaannya. Hasil validasi ahli dan guru menunjukkan bahwa 8 unit dapat diterima dan diaplikasikan kecuali unit 1. Seorang ahli dan guru menyatakan bahwa unit tersebut terlalu mudah. Maka unit 1 dalam draft dihapus dan ditambahkan unit Review sebagaimana saran dari guru bahasa Inggris.
Uji coba produk dilakukan pada tanggal 4 - 28 Maret 2008. Subyek uji coba adalah murid kelas dua belas Jurusan Bahasa pada MAN Jombang tahun pelajaran 2008/2009. Data yang diperoleh dari guru dan observasi yang berhubungan dengan kepraktisan dan keefektifan materi selama uji coba dipaparkan secara kwalitatif dan data dari siswa yang berhubungan dengan bahasa, kesesuaian isi dengan kurikulum, panjangnya materi menyimak, kecepatan berbicara, kwalitas rekaman dianalisa secara kwantitatif dengan prosentase.
Hasil uji coba pertama menunjukkan bahwa hanya unit 5 yang perlu direvisi dalam hal bentuk latihannya. Revisi dilakukan dengan menambahkan soal tertulis pada bagian A dan bagian B yang semula dalam bentuk membuat ringkasan diubah menjadi menyusun paragraf acak. Kemudian, unit yang telah direvisi diujicobakan. Hasil uji coba kedua menunjukkan bahwa unit yang direvisi telah sesuai.
Produk akhir berupa materi rekaman pada CD dan Kaset, buku petunjuk guru, dan lembar kerja siswa. Buku petunjuk guru berisi arahan bagaimana mengajarkan materi tersebut, urutan dalam mengajarkannya, naskah dan kunci jawaban. Lembar kerja siswa berisi latihan-latihan yang harus dikerjakan oleh siswa.
Bagi peneliti yang akan melakukan penelitian yang sama disarankan agar mengembangkan materi menyimak untuk siswa kelas X dan XI. Bagi guru bahasa Inggris yang akan memakai produk penelitian ini disarankan mengikuti buku petunjuk yang ada dan meragamkan jenis latihan bagian Expansion Activities.

Kata kunci: mengembangkan, prototipe, materi menyimak Bahasa Inggris, MAN Jombang.

0 comments:

Post a Comment