Mar 11, 2012

Meningkatkan Membaca Pemahaman Siswa Kelas Sepuluh MAN Mojokerto dengan Menggunakan Strategi PQ4R

By: Moh. Rodli
Abstrak

Membaca adalah salah satu keterampilan bahasa yang membantu keberhasil dalam belajar bahasa. Sehingga, membaca adalah salah satu ketrampilan bahasa inggris yang dianggap penting dalam pertumbuhan siswa dalam berbagai aspek kehidupan. Berdasarkan pertimbangan pentingnya membaca, membaca diajarkan lebih banyak dari pada ketrampilan bahasa yang lain, waluapun membaca diajarkan lebih banyak daripada keterampilan bahasa yang lain, namun kemampuan memahami bacaan siswa masih belum memuaskan.
Berdasarkan hasil dari studi pendahuluan, pengajaran membaca di MAN Mojokerto tidak memfasilitasi siswa dalam menguasai ketrampilan membaca. Keterampilan siswa dalam membaca adalah belum memadai. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam pemahaman membaca dengan menggunakan strategi PQ4R Dalam kegiatan PQ4R strategi, siswa diberi tugas untuk memahami sebuah teks dengan menggunakan prosedur PQ4R, yaitu preview(preview), question (bertanya), read (membaca), reflect (merefleks)i, recite (membaca nyaring), dan review (mereview)

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas kolaboratif, yaitu kolaborasi antara peniliti dengan guru yang berkerjasama untuk mengembangkan prosedur strategi PQ4R yang sesuai, membuat rencana pengajaran, menentukan kriteria kesuksesan belajar, melakukan tindakan, mengamati dan melakukan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 42 siswa kelas X-10 MAN Mojokerto tahun pelajaran 2008-2009. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan.
Data dalam penelitian ini diperoleh melalui (1) lembar observasi, untuk memperoleh informasi tentang kegiatan dan penampilan guru dan siswa selama pelaksanaan strategi PQ4R, (2) catatan lapangan digunakan untuk mencatat data yang tidak terdapat pada lembar observasi, dan (3) tes pemahaman membaca, digunakan untuk mengidentifikasikan apakah siswa sudah memperoleh kemajuan dalam pemahaman membaca.
Penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan strategi PQ4R dalam pembelajaran pemahaman membaca adalah dapat meningkatkan kemampuan pemahaman membaca siswa. Itu dapat diidentifikasi bahwa ada peningkatan nilai pemahaman membaca yang signifikan setelah pelaksanaan dari tindakan di setiap siklusnya. Di siklus ke-1 jumlah siswa yang memperoleh nilai lebih besar atau sama dengan 65 hanya 25 dari 42 siswa atau 59,52%. Itu adalah belum memenuhi kriteria keberhasilan. Di siklus ke-2, jumlah siswa yang memperoleh nilai sama dengan atau lebih besar dari 65 adalah34 dari 42 siswa atau 80,45%. Hasil tersebut adalah telah memenuhi kriteria sukses dari penelitian ini. Lebih lanjut, siswa terlihat aktif dalam berbagi pendapat, mempreiview atau meninjau bacaan, menjawab pertanyaan, membaca, merefleksikan, mendiskusikan dan mereview sebuah teks atau bacaan selama proses belajar mengajar dengan menggunakan strategi PQ4R.
Berdasarkan temuan dari penelitian ini, disarankan kepada para guru untuk menggunakan strategi PQ4R sebagai salah satu strategi alternatif dalam pengajaran pemahaman membaca di dalam kelas. Siswa juga direkomendasikan untuk menggunakan strategi PQ4R sebagai strategi belajar dalam pemahaman membaca yang dapat mereka lakukan pada jenis-jenis teks yang lain. Untuk peneliti yang lain, temuan dari penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi untuk peneliti yang tertarik dalam melaksanakan riset di bidang yang sama.

Kata kunci: meningkatkan, pemahaman membaca, strategi PQ4R

0 comments:

Post a Comment