Nov 23, 2010

Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa Kelas Dua SMP Negeri 3 Tanggul melalui Pembelajaran Berbasis Proyek

By: Wahyu Ekawati
Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa SMP Negeri 3 Tanggul-Jember kususnya menulis paragraf deskriptif melalui pembelajaran berbasis proyek dikarenakan kemampun menulis mereka yang kurang dalam empat aspek menulis yaitu pengaturan paragraf atau organisasi, perbendaharaan kata, tata bahasa, ejaan dan tanda baca.
Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas kolaboratif yang melibatkan dua guru bahasa Ingris dari sekolah dimana penelitian ini dilaksanakan; mereka adalah peneliti sendiri dan koleganya. Dua siklus diimplementasikan melalui empat langkah yang meliputi kegiatan merencanakan, mengimplementasikan, mengobservasi dan merefleksi pada setiap siklusnya. Data yang diperoleh melalui beberapa instrumen seperti: (1) pengecek proyek siswa, (2) catatan lapangan, (3) laporan kemajuan proyek, (4) portofolio siswa, (5) pedoman pengamatan, dan (6) kuesioner, dianalisa dengan mendeskripsikan semua kejadian dan peristiwa yang berhubungan dengan pelaksanaan pembelajaran berbasis proyek dalam pelajaran menulis paragraf deskriptif yang dilaksanakan dalam empat pertemuan didalam kelas pada jam sekolah dan diluar kelas setelah pulang sekolah pada setiap siklusnya.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui implementasi pembelajaran berbasis proyek dalam dua siklus, kemampuan menulis siswa kelas 8E SMP Negeri 3 Tanggul-Jember pada tahun pelajaran 2008/2009 khususnya dalam menulis paragraf deskriptif bisa ditingkatkan. Hal ini ditandai dengan meningkatnya jumlah siswa yang mencapai tingkat kemampuan baik menjadi 37 siswa dari 40 siswa atau 92.5 %. Peningkatan ini dicapai melalui dua tahap dalam setiap siklusnya, yaitu: (1) tahap persiapan yang meliputi persiapan proyek dan bahasa yang dibutuhkan, dan (2) tahap penyelesaian yang mengunakan kegiatan proses menulis yang meliputi: (a) pra menulis yang terdiri dari pengamatan ’hot spot’ (tempat menarik yang paling disenangi siswa) sebagai kegiatan luar ruangan dan menuliskan hasil pengamatannya kedalam ’T-Chart’ yang sudah disediakan (format lembar observasi yang berbentuk seperti huruf ’T’), dan menulis bebas berdasarkan T-Chart, (b) membuat rancangan awal berdasarkan hasil menulis bebas, (c) mengevaluasi dengan melakukan penilaian sendiri dan teman, juga melalui kegiatan konferensi guru dan siswa, dan (d) merevisi untuk menghasilkan rancangan akhir, dan (e) menulis akhir dengan menyempurnakan tulisan dan memajang hasil proyek terakhir tersebut di majalah dinding sekolah sebagai kegiatan publikasi.

Kata kunci: pembelajaran berbasis proyek, kemampuan menulis

0 comments:

Post a Comment