Jul 8, 2010

Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa MAN 2 Madiun Melalui Strategi SQ3R

By: Purwatiningsih
Abstrak

Memebaca sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, oleh karena itu membaca sangat bpenting untuk dipelajari. Bagi siswa membaca diperlukan sebagai alat untuk mempelajari berbagai macam ilmu pengetahuan. Sehingga keberhasilan didalam membaca sangat penting bagi siswa. Sehubungan dengan pentingnya membaca bagi siswa, di Indonesia ketrampilan membaca diajarkan ditingkat SD sampai perguruan tinggi. Bagaimanapun, hasil penelitian pendahuluan yang dilakukan di MAN 2 Madiun menunjukkan bahwa kemampuan membaca pemahaman siswa belum memadahi, terbukti prestasi mereka masih relatif rendah dan belum memenuhi standar ketuntasan belajar minimal. Oleh karena itu penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan sebagai salah satu solusi untuk mengatasi kesulitan yang diharapi siswa dalam membaca pemahaman. Dengan alasan tersebut, maka SQ3R diterapkan pada pembelajaran membaca pemahaman untuk meningkatkan membaca pemahaman siswa.

Penelitian ini dirancang untuk penelitian tindakan kelas secara kolaborasi yang melibatkan peneliti dan guru kelas yang berkolaborasi merancang rencana pembelajaran, mengimplementasikan rencana tindakan, melakukan pengamatan, dan melakukan analisis dan refleksi. Dalam melakukan penelitian ini, peneliti bertindak sebagai praktisi dan guru kelas berperan sebagai pengamat. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas sebelas MAN 2 Madiun Jurusan Bahasa tahun pelajaran 2008/2009 yang berjumlah 30 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang berdasarkan prosedur penelitian tindakan kelas yang meliputi tahap perencanaan, implementasi, observasi, analisis dan refleksi. Setiap siklus dilaksanakan dalam tiga pertemuan. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan instrumen penelitian yang berupa ceklist pengamatan, pedoman wawancara, catatan lapangan, dna tes membaca pemahaman.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang tepat untuk membelajarkan siswa dalam membaca pemahaman melalui strategi SQ3R meliputi beberapa tahap yang masing-masing terdiri dari beberapa kegiatan penting yang antara lain: 1) mengaktifkan latarbelakang pengetahuan sebelum membaca tek, 2) menggunakan gambar atau benda nyata sebagai alat pembelajaran, 3) menemukan arti dari kata-kata sulit, 4) membuat pertanyaan prediksi, 5) membaca paragraph pembuka dan penutup, 6) mencari jawaban dari pertanyaan yang telah dibuat, 7) menyimpan semua informasi yang diperoleh dalam ingatan jangka panjang, 8) mengingat kembali informasi yang disimpan, 9) melakukan laporan, 10) membuktikan laporan yang dibuat dengan membaca teks, 11) menulis hasil pembuktiannya.
Selanjutnya hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa strategi SQ3R telah meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari nilai membaca siswa yang telah memenuhi standar ketuntasan belajar minimal. Adapun rata-rata nilai yang diperoleh siswa dari tiga kali tes adalah 59,1 diperoleh dari pre-tes, 64,5 dari tes 1 dan 78,7 dari nilai tes 2. Dengan kata lain siswa yang terkategori sukses dalam pre-test sebanyak 33,3% atau 10 orang, 50% atau 15 dalam test 1, dan 86,7% atau 26 orang pada test 2. Di samping itu hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi SQ3R sangat efketif untuk membangkitkan motivasi siswa untuk berpartisipasi secara aktif dalam proses pembelajaran. Peningkatan partisipasi siswa dalam pemebelajaran adalah 59% pada siklus1 dan 79% pada siklus 2.
Berdasarkan hasil penelitian di atas, beberapa saran ditujukan untuk guru dan peneliti yang akan datang. Bagi guru bahasa Inggris yang mempunyai masalah serupa diharapkan mereka dapat mengimplemen­tasikan strategi SQ3R sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa. Kepada peneliti yang akan datang, mereka dianjurkan untuk membuat kajian penelitian serupa secara mendalam di tingkat pendidikan yang berbeda dengan tempat, subyek penelitan, dan jenis teks yang berbeda untuk mengetahui apakah strategi SQ3R juga efektif untuk meningkatkan prestasi membaca siswa.

Kata kunci: strategi SQ3R, peningkatan, kemampuan membaca

0 comments:

Post a Comment